header kangmasgurucom

Program Pembelajaran Semester 2

 


Hari ini, Kamis 5 Januari 2023 merupakan hari keempat dimulai kegiatan pembelajaran di sekolah-sekolah. Setelah melaksanakan apel pagi pada pukul 07.00-07.30 WIB Saya melanjutkan kegiatan mengajar di kelas. Pada hari ini kebetulan jadwal Saya mengajar adalah untuk kelas VIII/C1 dan IX/C1 (tunagrahita sedang) pada pukul 07.30-08.40 dan juga pada jam 09.30-10.40 ada jam di kelas VII, VIII dan IX /B (tunarungu).

Mengajar di kelas VIII dan IX Tunagrahita Sedang merupakan kelas yang tergolong asyik, siswa-siswinya tergolong kooperatif dan juga mudah untuk diajak kerjasama. Bahkan ketika Saya masih apel, seringkali sebagian siswa menunggu di depan ruang salon yang kebetulan dekat dengan halaman tempat kami para guru biasanya menggelar apel pagi.

Di kelas yang Saya ampu setiap hari Kamis pagi ini ada sekitar 10 siswa terdiri kelas 8 ada 5 siswa dan kelas 9 ada 5 siswa pula. Pasti kalian pembaca yang budiman bertanya kok di dalam satu ruangan ada dua kelas? Ya, hal itu jamak terjadi hampir di semua SLB di Jawa Tengah, apalagi SLB yang memang kekurangan ruang kelas, kekurangan tenaga pendidik, maka grouping kelas dengan satu ketunaan adalah hal yang wajar dilakukan. Dan tentunya wali kelasnya juga satu, karena rata-rata SLB kekurangan tenaga guru, lalu mengajarnya gimana? Biasanya soal pengajaran tetap menyesuaikan dengan materi kelas masing-masing, atau ada yang satu materi diberikan kepada siswa  yang berbeda kelas dengan alasan kemampuan yang hampir sama.



Namun, bagi saya pribadi selama mengajar di SLB Negeri Ungaran, meskipun di satu ruangan ada siswa berbeda kelas, tetap dalam hal memberi materi pelajaran pendidikan agama Islam yang Saya ampu tetap saya memberikan sesuai kurikulum. Nah, seperti yang terjadi pada saat Saya mengajar setiap hari Kamis di kelas 8 dan 9 Tunagrahita Sedang Saya tetap memberikan materi pelajaran sesuai jenjang masing-masing. Kenapa gak ikut guru kelas saja? Ya karena Saya memang ingin sesuai aturan yang ada saja dan supaya mempermudah membuat administrasi pembelajarannya.

Apalagi laporan administrasi pembelajaran juga harus dilaporkan di aplikasi SIAGA Kemenag, sehingga Saya sebagai guru PAI yang memang wajib setiap semester mengisi laporan Aplikasi SIAGA bisa mudah menyesuaikan dengan laporan pembelajaran yang telah Saya buat. Dalam mengajar kelas Tunagrahita biasanya Saya memang mengajar dengan sistem yang mudah, dengan materi PAI yang Saya buat sesederhana mungkin serta menjelaskan materi dengan metode yang bisa dengan mudah dipahami siswa. Tak ketinggalan pula Saya melibatkan peran serta siswa agar proses pembelajaran lebih menarik lagi.



Intinya sebisa mungkin saat Saya mengajar di kelas-kelas Tunagrahita Saya selalu berusaha memberikan yang terbaik, termudah, terjelas serta menyenangkan agar ilmu dan pengetahuan yang Saya berikan bisa diterima oleh siswa-siswi Saya. Semoga apa yang Saya lakukan menjadi jalan keberkahan buat Saya, Aamiin.


www.kangmasguru.com
Admin Blog ini bernama Fauzul Andim, seorang Guru SLBN Ungaran ALumnus UIN Walisongo Semarang. Lahir di Blora, kini domisili di Semarang Jawa Tengah.

Related Posts

Posting Komentar