header kangmasgurucom

Hari Pertama Sekolah Tahun 2023

 

Petugas upacara bendera 

Senin, 3 Januari 2023 adalah hari pertama semester Genap pada pelajaran 2022-2023 Saya kembali memulai aktivitas sebagai salah satu pendidik di SLB Negeri Ungaran. Saya berangkat dari rumah di Kajen Kabupaten Pekalongan sekitar pukul 03.30 WIB dan sesampainya di Ungaran sekitar pukul 06.15 WIB. Setelah sampai Saya terlebih dahulu absen finger di kantor SLB Negeri Ungaran baru setelah menuju asrama siswa SLB Negeri Ungaran dimana saya selama ini berdomisili. Setelah tiba dan istirahat sebentar sekitar 5 menit kemudian Saya langsung mandi dan siap-siap untuk beraktivitas.

Pada pukul 06.45 WIB siswa-siswa SLB Negeri Ungaran mulai berdatangan, dan langsung bersiap-siap untuk mengikuti upacara bendara pertama kali di hari Senin di tahun 2023 ini. Saat upacara sendiri  saya bertugas mendampingi siswa yang bertugas menjadi pembawa susunan upacara dan juga mendampingi siswa yang bertugas membacakan UUD 1945 karena memang siswa SLB N Ungaran masih jarang yang bisa membaca lancar meskipun sudah jenjang SMALB.

Karena ini hari pertama sekolah, biasanya memang siswa belum mendapatkan materi pelajaran secara penuh. Begitu juga dengan Saya yang kebetulan hari Senin biasanya ada jadwal mengajar kelas X-C (Tunagrahita) maka pada pertemuan pertama Saya isi dengan mengajak siswa-siswi kelas X-C untuk bersih-bersih Musholla SLB Negeri Ungaran.

Acara bersih-bersih Musholla SLBN Ungaran dilaksanakan oleh semua siswa kelas X-C, ada yang menyapu, ada yang membersihkan kamar mandi musholla ada pula yang ngepel lantai musholla dan lantai tempat wudhu. Semua siswa semangat dan Saya juga ikut membersamai mereka sekaligus juga mengarahkan jika ada siswa yang kurang benar dalam melakukan tugasnya.

Bersih-bersih Musholla SLB Negeri Ungaran


Kurang lebih satu jam Saya dan siswa kelas X-C melakukan bersih-bersih musholla dan sekitarnya, setelah itu istirahat pukul 09.00 WIB. Tepat pukul 10.00 WIB jadwal mengajar kelas XI-XII/C (Tunagrahita). Saya masuk kelas dan ternyata siswa-siswi sudah siap dan minta diberikan pelajaran. Akhirnya saya kasih tugas mandiri saja agar mereka menuliskan materi menyebutkan rukun Islam, rukun Iman dan juga menyebutkan nama-nama solat fardhu.

Sekitar pukul 11.10 WIB selesai, maka saya melanjutkan masuk ke kelas XII-C1 (Tunagrahita Sedang) karena sebelumnya Saya sudah diminta oleh siswa kelas tersebut bahwa pelajaran agama Islam sudah masuk jam nya. Sama seperti kelas sebelumnya, Saya menyampaikan kepada siswa untuk pertemuan pertama tidak materi dulu melainkan Saya kasih tugas untuk menulis rukun Islam saja. Kurang lebih satu jam akhirnya siswa-siswa saya pulangkan karena sesuai dengan instruksi kepala sekolah untuk 3 hari pertama masuk pulang pukul 12.00 WIB.

Semoga hari pertama masuk sekolah bisa menjadi aktivitas yang bermanfaat dan berkah dunia akhirat, Aamiin.

www.kangmasguru.com
Admin Blog ini bernama Fauzul Andim, seorang Guru SLBN Ungaran ALumnus UIN Walisongo Semarang. Lahir di Blora, kini domisili di Semarang Jawa Tengah.

Related Posts

Posting Komentar