header kangmasgurucom

Orientasi Program PGP Angkatan 8 Provinsi Jawa Tengah

 


Setelah mengikuti pembukaan Program Pendidikan  Guru  Penggerak Angkatan 8 oleh Dirjen GTK Kemdikbud RI Ibu Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd maka selanjutnya pada pukul 13.00-16.30 WIB dilaksanakan pula Orientasi Program PGP Angkatan 8 Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Tengah.

Orientasi Program PGP Angkatan 8 Provinsi Jawa Tengah dihadiri oleh Kepala BBGP Prov. Jawa Tengah Bapak Darmadi, S.Pd., M.Pd. Kapokja Transformasi Kepemimpinan Sekolah BBGP Prov. Jawa Tengah, Penangungjawab Dinas Pendidikan di lingkungan Prov. Jawa Tengah, Fasilitator, Guru Praktik, serta Calon Guru Penggerak serta beberapa narasumber yang akan mengisi orientasi program PGP Angkatan 8 ini.

Kegiatan ini diawali dengan arahan dari kepala BBGP Provinsi Jawa Tengah Bapak Darmadi, S.Pd., M.Pd. Beliau menyampaikan arahan berupa pentingnya melakukan transformasi pendidikan, khususnya di Jawa Tengah yang harus dilakukan secara bersama-sama. Bapak Darmadi juga mengapresiasi kinerja tim panitia BBGP Provinsi Jawa Tengah yang telah maksimal dalam mengantarkan kegiatan PGP Angkatan 8 ini dengan kerja keras, ikhlas tanpa batas.

Kepala BBGP Prov Jawa Tengah Bapak Darmadi


Tak ketinggalan pula bapak Darmadi memberikan semangat, motivasi kepada CGP Angkatan 8 agar diberi kemudahan, kelancaran dan keberhasilan dalam menjalani pendidikan selama 6 bulan ke depan. Selain itu, beliau menyampaikan bahwa Program PGP Angkatan 8 Provinsi Jawa Tengah akan diikuti sekitar 2397 CGP yang akan melaksanakan PGP tahap 1 tahun 2023.  Sedangkan tahap kedua akan dimulai sekitar bulan Juli nanti.

Setelah arahan dari kepala BBGP Prov. Jawa Tengah, kemudian dilanjutkan Orientasi Program PGP Angkatan 8 Provinsi Jawa Tengah yang disampaikan oleh Ketua Pokja Transformasi Kepemimpinan Sekolah Bapak Sri Mulyono. Beliau menyampaikan bahwa orientasi program PGP adalah langkah awal dalam memulai PGP. Bapak Sri Mulyono menyampaikan berbagai pedoman penting yang harus di pegang oleh CGP Angkatan 8 dalam mengikuti PGP Angkatan 8 ini.

Ketua Pokja Transformasi Kepemimpinan Sekolah BBGP Prov. Jateng Bapak Sri Mulyono


PGP adalah pendidikan kepemimpinan , diharapkan akan menjadi pemimpin-pemimpin pendidikan di masa depan. Baik itu dalam hal pembelajaran, maupun pemimpin pendidikan sebagai kepala sekolah maupun menjadi seorang pengawas. Oleh sebab itulah CGP hendaknya mengikuti PGP dengan serius dan rasa penuh tanggungjawa. Selain itu banyak hal yang disampaikan oleh beliau dalam membekali CGP yang akan mengikuti PGP Angkatan 8.

Selanjutnya juga diberika papaparan tentang Penilaian Kinerja dan Lapor PGP Angkatan 8 oleh koordinator Fasil BBGP Provinsi Jawa Tengah Yuli Cahyono M.Pd. Bapak Yuli menyampaikan tentang bagaimana CGP harus senantiasa sehat, senang dan bahagia dalam menjalani PGP yang memang memerlukan waktu yang lumayan panjang hingga akhir tahun 2023.

Koordinator Fasilitator PGP BBGP Prov. Jateng Bapak Yuli Cahyono


Lebih lanjut Pak Yuli menjelaskan tentang mekanisme pelaksanaan PGP dengan berbagai hal, salah satunya tentang berbagai aktor pendukung yang bisa menjadi faktor keberhasilan dari program PGP angkatan 8. Selain itu beliau juga menjelaskan tentang berbagai tips dalam mengerjakan tugas-tugas yang ada dalam LMS. Tak ketinggalan beliau juga menjelaskan tentang penilaian kinerja selama mengikuti PGP serta sistem pengaduan dan pelaporan PGP angkatan 8.

Kegiatan orientasi kemudian dilanjutkan tentang Learning Mangement System oleh Adi Samsudin. Dalam paparannya pak Adi menjelaskan secara rinci dan detail tentang bagaimana cara mengakses  LMS mulai dari login awal melalui SIM PKB masing-masing peserta PGP, ada apa saja di dalam LMS, serta bagaimana cara untuk mengakses berbagai hal teknis terkait dengan tanggungjawab yang harus dilakukan oleh setiap CGP dalam program PGP angkatan 8 ini.

Admin BBGP Prov Jateng Bapak Adi Samsudin


Kegiatan Orientasi Program PGP Angkatan 8 Provinsi Jawa Tengah sendiri berakhir sekitar pukul 16.00 WIB. Harapan Saya pribadi semoga dengan berbekal orientasi ini akan membuat pendidikan guru penggerak yang akan Saya ikuti selama 6 bulan ke depan menjadi lebih mudah dan lancar dengan hasil sesuai harapan. Aamiin.


www.kangmasguru.com
Admin Blog ini bernama Fauzul Andim, seorang Guru SLBN Ungaran ALumnus UIN Walisongo Semarang. Lahir di Blora, kini domisili di Semarang Jawa Tengah.

Related Posts

Posting Komentar