header kangmasgurucom

Pembukaan Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 8


 

Bismillahirrahmanirrahiim...Alhamdulillahi Rabbil a’lamiin, puji syukur Saya panjatkan kehadirat Allah Swt yang telah memberikan berbagai macam kenikmatan dan rezeki kepada Saya salah satunya adalah rezeki lulus seleksi Calon Guru Penggerak Angkatan 8 pada tahun 2023. Tidak mudah memang mengikuti seleksi calon guru penggerak. Pada tahun 2021 yang lalu Saya gagal seleksi angkatan 7 dan di tahun 2022 lalu saat mulai pendaftaran Saya dan seorang teman dari SLB Negeri Ungaran diminta kepala sekolah untuk mengikuti seleksi lagi.

Alhamdulillah setelah melakukan pendaftaran dan melengkapi pemberkasan secara online dan juga membuat esay sebagai salah satu syarat pendaftarannya, pada akhir 2022 ternyata Saya dinyatakan lulus seleksi tahap 1 calon guru penggerak angkatan 8 pada akhir tahun 2022. Setelah itu Saya menjalani seleksi lagi tahap ke dua di awal tahun 2023 yaitu praktik mengajar dan juga seleksi wawancara, dan Alhamdulillah  akhirnya setelah melewati berbagai seleksi Saya dinyatakan lulus dan berhak untuk mengikuti pendidikan guru penggerak.

Pada bulan Mei 2023 ini, tepatnya pada hari rabu 10 Mei 2023 secara resmi pendidikan guru penggerak angkatan 8 dibuka oleh Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Ristek Ibu Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Bapak Nadiem Anwar makarim, B.A, M.B.A yang berhalangan hadir di ruang virtual. Selain Dirjen GTK, hadir pula Plt. Sekretaris Jenderal GTK sekaligus Direktur Kepala Sekolah, Pengawas dan Tenaga Kependidikan Bapak Dr. Praptono, M.Ed.

Bapak Praptono dalam sambutannya menyampaikan bahwa program pendidikan guru penggerak angkatan 8 dirancang guna dilaksanakan untuk memberikan bekal dan kemampuan kepemimpian dalam pembelajaran dan pedagogik kepada guru sekaligus untuk menciptakan rasa nyaman, aman dan inklusif dalam penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran.

Lebih lanjut Bapak Praptono menyampaikan bahwa calon guru penggerak yang lolos pada angkatan 8 ini merupakan guru terbaik dari ratusan ribu pendaftar yang telah lolos seleksi administrasi, pembuatan esay, simulasi mengajar dan juga wawancara. Total ada 11.730 guru yang akan mengikuti pendidikan guru penggerak angkatan 8 tahap 1, karena nanti akan ada tahap yang kedua pada bulan Juli 2023 ada sekitar 9 ribu sasaran CGP yang akan mengikuti pendidikan. Sehingga ada total 20 ribu guru yang akan mengikuti pendidikan guru penggerak angkatan 8. Dari 11.730 CGP angkatan 8 dibagi menjadi dua yaitu CGP reguler sebanyak 11.300 guru dan CGP rekognisi sebanyak 430 guru.

Dirjen GTK Resmi Membuka PGP Angkatan 8

Sedangkan dalam sambutannya Dirjen GTK Kemdikbudristek Ibu Nunuk Suryani menyampaikan bahwa bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara telah memberikan teladan bahwa perjuangan di bidang pendidikan adalah upaya untuk membangun peradaban, perjuangan ini bukan hanya membahas kurikulum dan hasil belajar. Bukan hanya sebatas membahas mengajar dan mendidik tetapi melahirkan pembaharu yang akan menjawab tantangan zaman saat maupun yang akan datang. 

Oleh sebab itulah melalui program guru penggerak inilah, pemerintah berusaha melahirkan generasi baru pemimpin-pemimpin pendidikan yang mendidik anak dengan penuh rasa hormat, pemimpin pendidikan yang menomorsatukan murid dalam setiap kebijakannya baik ketika menjadi kepala sekolah, pengawas, guru dan bentuk  lainnya dalam pendidikan. Ibu Nunuk juga berpesan kepada CGP agar senantiasa sabar dalam menjalani pendidikan untuk beberapa bulan ke depan.

Beliau juga memberikan semangat kepada CGP agar ingat tujuan mendaftak program guru penggerak. Dalam ilustrasinya beliau menyampaikan “jika pendidikan ibarat sebuah kapal dan murid adalah penumpangnya maka ingatlah bapak ibu guru adalah mercusuar yang tidak sendiri karena ada pengajar praktik sebagai teman perjalanan bagi CGP dan difasilitasi oleh orang-orang yeng berdedikasi tinggi.

Ibu Nunuk juga menyampaikan permohonan kepada pejabat baik itu gubernur, bupati, walikota kepala dinas pendidikan dan stakeholder pendidikan lainnya agar senantiasa mau mensukseskan program guru penggerak dengan memeberikan restu dan doa bagi segenap CGP angkatan 8 ini. beliau juga menekankan kepada CGP bahwa program guru penggerak fokus pada kepemimpinan pembelajaran agar guru dapat menggerakkan komunitas belajar baik di dalam dan di luar sekolah masing-masing. Serta mampu mendorong terciptanya cita-cita merdeka belajar sepenuhnya bagi peserta didik.

Pendidikan guru penggerak juga bertujuan untuk mendorong guru-guru menjadi pemimpin pendidikan yang mampu mewujudkan rasa aman, nyaman serta kebahagiaan bagi peserta didik. Oleh sebab itu CGP harus menempa diri terus belajar dan berbagi kepada peserta didik. Setelah menyampaikan sambutan maka Dirjen GTK Kemendikbudristek membuka secara resmi pendidikan guru penggerak angkatan 8 mewakili Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Riset Dan Teknologi.

CGP ini dilaksanakan secara online dengan zoom meeting. Saya sendiri tidak ingin ketinggalan satu beritapun, makanya saya butuh yang namanya koneksi stabil. Alhamdulillah di sekolah saya langganan IndiHome. Indonesia Digital Home (disingkat IndiHome) adalah salah satu produk layanan dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk berupa paket layanan komunikasi dan data seperti telepon rumah (voice), internet provider, dan ada juga layanan televisi interaktif (IndiHome TV, IPTV). Karena penawaran inilah Telkom Indonesia memberi label IndiHome sebagai tiga layanan dalam satu paket (3-in-1) karena selain internet, pelanggan juga mendapatkan tayangan TV berbayar dan saluran telepon.


IndiHome resmi diluncurkan pada tahun 2015. IndiHome juga merupakan salah satu program dari proyek utama Telkom Indonesia Digital Network 2015. IndiHome merupakan internet provider yang banyak dilanggan oleh masyarakat Indonesia. Terutama di Jawa. Semoga selalu stabil biar kegiatan CGP ini dapat berjalan dengan lancar. 

Semoga kedepannya Saya bisa mengikuti program pendidikan guru penggerak angkatan 8 ini dengan penuh rasa semangat dan mendapatkan hasil yang maksimal. Aamiin.

www.kangmasguru.com
Admin Blog ini bernama Fauzul Andim, seorang Guru SLBN Ungaran ALumnus UIN Walisongo Semarang. Lahir di Blora, kini domisili di Semarang Jawa Tengah.

Related Posts

Posting Komentar